Berbagi Ilmu ~ Menyebar Sunnah

Berbagi Ilmu ~ Menyebar Sunnah

Cara Mendapatkan Jodoh Sesuai Islam

Cara Mendapatkan Jodoh Sesuai Syari'at dan Tuntunan Islam.


Banyak yang bingung dan galau, karna sampai saat ini masih menjomblo, alias bujangan atau masih  gadis. (baca : Menepis galau dikala menjomblo). Segala cara sudah ditempuh untuk mendapatkan jodoh sesuai yang diinginkan, ada yang pacaran bertahun-tahun, namun kandas ditengah jalan, ada yang sudah melamar namun ditolak, 

Ada juga yang miris dan tragis, sudah hampir jadi, namun qodarulloh, tidak berjodoh.  (Baca : Bila jodoh tak kunjung tiba )

Demikianlah, semua itu memang dalam rahasia Allah, yang telah beliau tetapkan lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi!! Sebagai mana yang termaktub dalam hadis Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berikut :

Allah telah mencatat takdir makhluk-Nya lima puluh ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi.(Hr. Muslim)

Dan jodohpun termasuk takdir yang telah ditetapkan sebelumnya, dalam arti kata, jodoh tersebut tidak akan tertukar dengan orang lain.

Hanya saja dalam hal ini, bagaimanakah cara kita dalam mendapatkan jodoh sesuai tuntunan syariat Islam??. Jangan sampai niat kita yang baik, yang suci, dikotori oleh cara-cara yang bertentangan dengan syariat-Nya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan, dalam rangka mendapatkan jodoh yang baik, yang soleh dan soleha :

Pertama : Jadilah Pribadi Yang Soleh/Soleha
Sesuai firman Allah subhanahu wata’ala :

Wanita yang keji untuk laki-laki yang keji, laki-laki yang keji untuk wanita yang keji. Dan wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, laki-laki yang baik untuk wanita yang baik (pula).....(Q.S An-Nuur:26)

Maka, apabila anda mengharapkan jodoh yang baik, yang soleh/soleha, resep sederhananya, jadilah pribadi yang baik, solehkan dulu diri anda, maka insyaAllah, jodoh yang baik dan soleh pula yang akan menghampiri anda. Demikian sebaliknya. Sungguh Allah tidak akan mengingkari janjiNya.

Kedua : Berdoa Kepada Allah dan Bersikap Realistis
Kenapa doa anda belum terkabulkan???karna boleh jadi, doa anda sendiri yang menghalangi jodoh anda, karna dari itu, disamping anda senantiasa berdoa kepada Allah terutama di waktu-waktu mustajab, andapun harus realistis dalam berdoa meminta jodoh. (Baca : Saat MAQBUL Doa Di Hari Jumat)

Hal ini sangat penting, jangan anda muluk-muluk dalam menentukan syarat jodoh yang anda inginkan, jangan sampai menyulitkan diri sendiri. Anda harus realistis dan mengukur keadaan diri sendiri, resep sederhananya, jika anda tidak sesoleh Ali, jangan berharap jodoh sesoleha Fatimah... Jika anda tidak setampan Yusuf, jangan berharap jodoh secantik Zulaekha.

Ketiga : Menjalin Komunikasi Dengan Orang-Orang Soleh
Hal ini tidak kalah penting, karna apabila anda mengharapkan jodoh yang soleh/soleha, maka pergaulan mereka pasti dengan orang-orang yang serupa. Maka bergaul dan berkumpullah dengan mereka, tentu saja dalam hal ini, antara laki-laki dan laki-laki, perempuan dan perempuan, bukan pergaulan yang campur baur. Anda bisa datang dalam pengajian, atau datang kepada Ustadz/Ustazah, tentu saja dengan syarat, mereka sudah mengenal anda sebelumnya, bukan ujug-ujug datang pas kebelet nikah...

Resep sederhanaya, bergaullah dan berinteraksilah, sehingga nanti anda akan dikenal, dan andapun akan mengenal, bukan saja semata-mata untuk mendapatkan jodoh, tapi lebih dari itu, berteman dengan orang-orang soleh/a, tentu akan mendatangkan banyak kebaikan.

Keempat : Menempuh Langkah-Langkah Yang Syar’i
Ketika anda sudah memantapkan hati pada seseorang, maka tempuhlah cara yang syar’i, yaitu ta’aruf, bukan model pacaran yang penuh maksiat. Ta’aruf hanya dilakukan ketika anda sudah bertekad bulat untuk menikah, dan keluargapun sudah memberi sinyal akan menyetujuinya. Jangan sampai anda jalan sendiri tanpa sepengetahuan keluarga, karna boleh jadi keluarga belum mengizinkan anda untuk menikah, hal ini tentu akan membuat proses ta’aruf menjadi lama dan dikhawatirkan bisa menjerumuskan kepada pacaran. Proses ta’aruf bisa dilakuakan lewat orang kepercayaan, bisa juga dengan saling tukar biodata diri, yang jika semua sudah oke, maka Nadhor (melihat calon dengan seksama) adalah langkah terakhir sebelum meminang/dipinang. 

Bagi wanita, Nadhor tentu saja harus didampingi mahrom, bukan murobbi/ustazah. Selanjutnya bermohonlah kepada Allah agar diberi kemantapan hati, kemudahan urusan. Jika kemudian anda berdua telah bersepakat, maka bagi laki-laki datangilah wali si perempuan untuk meminangnya. Ringankanlah urusan, jangan persulit, segerakan urusan, jangan diulur terlalu lama.

Kelima : Bertawakkal Kepada Allah
Ketika anda sudah berdoa dan berusaha, dan sudah menempuh cara-cara yang sesuai dengan syari’at Islam, maka terakhir bertawakkallah kepada Allah, kembalikanlah segala urusan kepadaNya, apapun ketetapan Allah, itulah yang terbaik bagi anda.

Semoga Allah memudahkan urusan anda, urusan kita, dan urusan umat Islam seluruhnya. Aamiin ya robbal ‘alamiin.............

Terkini :


Tag : Adab, Keluarga
4 Comments for "Cara Mendapatkan Jodoh Sesuai Islam"

Back To Top