Berbagi Ilmu ~ Menyebar Sunnah

Berbagi Ilmu ~ Menyebar Sunnah

BANGKIT DARI MASALAH

“Barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati’ (QS Al-Baqarah[2]:38)

MASALAH dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Masalah juga dapat menimpa siapa saja, ya, semua kita bisa saja diterpa berbagai masalah.   Pejabat, Petani, Pedagang, Laki, perempuan, semuanya bisa dirundung masalah. 


Perbedaannya terletak pada bagaimana cara kita menghadapi dan menyikapi masalah tersebut.


Masalah bukan untuk ditakuti apalagi dihindari, apabila kita diterpa masalah hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menghadapinya dengan tenang dan mengatasinya dengan baik


Namun jika tidak bisa di atasi apa yang sebaiknya kita lakukan? Ada beberapa kiat sederhana yang bisa diterapkan berikut ini :


1.   Selalu berpikir positif. Artinya, memandang semua masalah dari sisi baiknya, pasti ada hikmah dan pembelajaran. Dalam sebuah Hadis, Rasulullah  صلى الله علئه وسلم  bersabda, “ Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, semua perkaranya baik, dan hal demikian tidak dimiliki kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapat kesenangan ia bersyukur dan itu baik baginya. Dan apabila mendapat kesusahan ia bersabar, dan itulah yang terbaik baginya (HR. Muslim).

2.  Bersikap optimis dan meyakini bahwa kita, atas kehendak Allah, mampu menanggung, menghadapi dan mengatasi setiap masalah. Allah tidak menguji manusia di luar kemampuannya. “ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya ” (QS. Al-Baqarah[2]:286).

3.   Senantiasa sabar. Kita mungkin telah menyusun rencana dengan matang, telah melaksanakannya dengan tekun, sistematis dan disertai dengan do’a. Namun hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Dalam kondisi seperti ini, sabar dan sholat adalah penolong kita. Sabar  tidak berarti pasrah dan berdiam diri, tetapi bermuhasabah (introspeksi diri) serta berusaha lebih giat lagi. Agar kegagalan yang sama tidak terulang lagi di masa yang akan datang. “ Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah mawas diri “ (QS. Ali Imran [3]:200).

Semoga kiat sederhana ini bermanfaat bagi kita, terutama pada saat kita mendapat ujian dari Allah.


_________
Terinspirasi dari anak-anakku di SMP Adabiah-Padang.....Keep Spirit!!!!
Ummu Hafifah  (Pepi Susanti)
0 Comments for "BANGKIT DARI MASALAH "

Back To Top